Senin, 03 Desember 2012

(review) bab 10 : Mendistribusikan Produk Dengan Cepat Dan Effisien

dalam pemasaran, atau bisnis bukan hanya berbicara bagaimana barang itu ada, bagaimana barang itu dikenal. tetapi termasuk bagaimana barang itu didistribusikan hingga barang yang diproduksi tersebut sampai ke tangan pelanggan.
definisi :
Perantara pemasaran adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir. Saluran distribusi adalah seluruh perantara pemasaran, seperti perantara grosir dan ritel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang dijalur dari produsen dan konsumen. Agen atau calo adalah perantara pemasaran adalah perantara pemasaran yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang. Perantara grosir adalah perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain. Peritel adalah organisasi yang menjual kepada konsumen akhir

Hal mendasar mengenai perantara :

1. Dapat dihilangkan, tetapi aktivitas-aktivitasnya tidak dapat dihilangkan

2. Organisasi-organisasi perantara telah bertahan di masa lalu karena melakukan fungsi-fungsi pemasaran lebih cepat dan lebih murah disbanding yang lainnya

3. Menambahkan biaya-biaya pada produk, tetapi biaya-biaya ini biasanya lebih dari dihapuskan oleh nilai-nilai yang mereka ciptakan

Utilitas dalam ilmu ekonomi adalah kemampuan memuaskan keingin atau nilai yang ditambahkan organisasi pada barang atau jasa saat produk dibuat menjadi lebih berguna atau lebih mudah diakses konsumen disbanding sebelumnya. Enam utilitas yang ditambahkan yaitu bentuk, waktu, tempat, kepemilikan, informasi, dan layanan.

1. Bentuk ; terdiri atas mengambil bahan-bahan mentah dan mengubah bentuknya, sehingga mereka menjadi produk-produk yang berguna

2. Waktu ; menambah nilai pada produk dengan cara membuat produk-produk tersebut tersedia saat dibutuhkan

3. Tempat ; menambahkan nilai pada produk dengan cara menaruh barang ditempat orang-orang menginginkannya

4. Kepemilikan ; melakukan apa pun untuk memindahkan kepemilikan dari satu pihak ke pihak lain, termasuk memberikan kredit, pengantaran, pemasangan, jaminan, dan layanan lanjutan

5. Informasi ; menambahkan nila pada produk dengan cara membuka arus informasi dua arah antarpeserta pemasaran

6. Layanan ; menambah nilai dengan cara menyediakan layanan yang cepat dan ramah setelah dan setelah penjualan, dengan cara mengajarkan pelanggan bagaimana cara terbaik menggunakan produk dengan berlalunya waktu

Pedagang grosir adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan, ada dua jenis yaitu :

1. Pedagang grosir layanan penuh ; melakukan semua fungsi-fungsi distribusi

2. Pedagang grosir layanan terbatas ; melakukan hanya fungsi-fungsi tertentu, tetapi mereka melakukannya dengan sangat baik

Jenis pedagang grosir jenis terbatas :

1. Rackjobbers ; mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi peritel, memajang produk, dan menjual barang atas dasar konsinyasi

2. Bayar dan bawa ; terutama melayani peritel-peritel yang berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas

3. Drop shipper ; meminta pesanan dari para peritel dan perantara grosir lainnya dan tidak mengatur agar barang dagangan diantar langsung dari produsen ke pembeli. Drop shipper cenderung menangani barang-barang yang dijual dalam ukuran lebih besar, seperti batu bara, kayu glondongan, dan bahan-bahan kimia

Agen dan calo berbeda dalam hal para agen menjaga hubungan jangka panjang dengan pihak-pihak yang mereka wakilkan, sedangkan calo biasanya disewa untuk sementara. Agen yang mewakili produsen dikenal sebagai agen produsen, sedangkan calo yang digunakan oleh produsen produk-produk musiman dan dalam industri perumahan

Distribusi intensif meletakkan produk di sebanyak mungkin gerai ritel, termasuk mensin penjaga seperti permen, permen karet, rokok, majalah populer. Distribusi selektif adalah penggunaan hanya sekelompok peritel yang diistimewakan dalam satu wilayah, seperti peralatan rumah tangga, perabot, dan pakaian. Distribusi eksklusif adalah penggunaan hanya satu toko ritel di wilayah geografis tertentu

Ritel elektronis adalah penjualan barang dan jasa kepada konsumen-konsumen akhir. Telemarketing adalah penjualan barang dan jasa melalui telepon. Penjualan langsung adalah menjual kepada konsumen di rumah atau tempat kerja mereka. Pemasaran langsung meliputi setiap aktivitas yang secara langsung menghubungkan produsen atau perantara dengan konsumen akhir

Sistem yang dapat digunakan untuk mengaitkan perusahaan-perusahaan :

1. Sistem distribusi korporat

Adalah satu sistem yang seluruh organsasi dalam saluran distribusi dimiliki satu perusahaan

2. Sistem distribusi kontrak

Adalah sebuah sistem yang para anggotanya diikat untuk bekerja sama melalui perjanjian kontrak. Bentuk sistem kontraktual :

a. Sistem waralaba ; hal ini menghasilkan kualitas yang konsisten dan tingkat layanan yang ditemukan di berbagai organisasi nirlaba

b. Rantai bersponsor perantara grosir

c. Kerjasama ritel ; penataan ini mirip dengan rantai bersponsor perantara grosir, kecuali dalam sistem ini diawali oleh para peritel

3. Sistem distribusi yang diatur

Adalah satu sistem dimana para produsen mengelola seluruh fungsi-fungsi pemasaran di tingkat ritel

4. Rantai persediaan

Adalah urutan aktivitas-aktivitas yang saling berkaitan yang harus dilakukan oleh berbagai organisasi untuk memindahkan barang dan jasa dari sumber bahan mentah sampai ke konsumen akhir, diantara para petani, penambang, pemasok segala jenis, produsen, perantara grosir, dan peritel. Manajemen rantai persediaan adalah proses mengelola pergerakan dari bahan mentah, komponen, barang setengah jadi, barang jadi, dan informasi terkait melalui seluruh organisasi yang terlibat dalam rantai persediaan, mengelola pengembalian barang-barang tersebut jika perlu, dan mendaur ulang bahan-bahan jika dapat


Sejalan lewatnya waktu, istilah distribusi fisik cenderung digantikan oleh istilah yang lebih luas yaitu logistik. Logistik adalah aktivitas pemasaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, informasi terkait dari titik awal sampai titik konsumsi untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan memperoleh laba. Logistic kedalam membawa bahan mentah, kemasan, barang dan jasa lainnya, dan informasi dari pemasok ke produsen. Penanganan bahan adalah pemindahan barang-barang dalam gudang, dari gudang ke pabrik ke berbagai stasiun kerja. Logistic keluar mengelola mengelola arus barang jadi dan informasi ke pembeli bisnis dan konsumen akhir. Logistik berbalik berarti membawa barang-barang kembali ke pabrik karena ada cacat untuk mendaur ulang mendaur ulang bahan-bahan. Logistik pihak ketiga adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penggunaan perusahaan luar untuk membantu memindahkan barang dari sini kesana

Freight forwarder yaitu suatu organisasi yang menggabungkan banyak pengiriman jumlah kecil untuk menciptakan satu pengiriman besar yang dapat diangkut secara hemat biaya ke tujuan akhir. Saat trailer-trailer truk ditempatkan diatas kapal untuk diangkut jarak jauh dengan biaya yang lebih murah disebut fishyback. Jika mereka ditempatkan diatas pesawat terbang disebut birdyback. Perngiriman intermodal yaitu penggunaan berbagai mode transportasi jalan laying, udara, air, kereta api, untuk menyelesaikan satu pergerakan kiriman jarak jauh

Gudang penyimpanan produk menyimpan produk untuk jangka waktu relatif lama. Gudang distribusi adalah fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan lagi produk-produk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar