Sabtu, 20 Oktober 2012

review : Menampilkan perilaku etis dan tangung jawab sosial



legal dan etis adalah dua hal yang harus ada dalam sebuh dunia bisnis. namun nyatanya kedua hal ini hanya dipandang sebelah mata oleh sebagian besar kalangan. mereka menganggap bahwa legal dan etis adalah hal yang sama padahal legal da etis adalah dua hal yang berbeda. karena masih banyak tindakan tidak bermoral dan tidak etis yang berada dalam hukum kita. 
definisi dari etis sendiri adalah standar perilaku bermoral, yaitu perilaku yang diterima oleh mansyarakat sebagai benar versus salah. 
Banyak orang yang selalu memutuskan secara situsional apakah boleh untuk mencuri, berbohong, atau minum saat mengemudi.namun itu semua hanya pikiran sebagian banyak orang yang berpikir bahwa apa yang benar adalah apapun yang dirasakan terbaik untuk mereka.

kode etika berbasis kepatuhan adalah standar etis yang menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dengan memberikan sangsi kepada yang melanggar.

kode etika berbasis integrasi adalah standar etis yang mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku yang baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar karyawan.


dan didalam nya kinerjasosial pada sebuah perusahaan memiliki beberapa dimensi, yaitu :
1. filantropi korporat
2. inisiatif sosial korporat
3. tanggung jawab korporat 
4. kebijakan korporat

tanggung jawab sosial korporat adalah perhatian bisnis terhadap kesejahterahan masyarakat meliputi

1. tanggung jawab terhadap pelanggan
2. tanggung jawab terhadap investor 
3. tanggung jawab terhadap karyawan 
4. tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan 
5. audit sosial 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar