Perusahaan modern
mengelola sistem komunikasi pemasaran yang kompleks. Perusahaan berkomunikasi
dengan perantara, konsumen, dan berbagai kelompok masyarakat. Kemudian
perantara berkomunikasi dengan konsumennya dan masyarakat. Konsumen melakukan
komunikasi lisan dengan konsumen lain dan dengan kelompok masyarakat lain.
Sementara itu, setiap kelompok memberikan umpan balik kepada setiap kelompok
lain.
Para pemasar
banyak mennggunakan banyak alat yang berbeda untuk mempromosikan produk dan
jasa mereka. Secara tradisional alat-alat itu adalah iklan, penjualan priibadi,
hubungan masyarakat, dan promosi penjualan
Adapun
langkah-langkah dalam sebuah kampanye promosi:
1.
Mengidentifikasi pasar sasaran.
2. Menentukan
tujuan-tujuan untuk setiap unsur dari bauran promosi.
3. Menentukan
satu anggaran promosi.
4. Mengembangkan
satu pesan terpadu.
5.
Mengimplementasikan rencana.
6. Evaluasi
efektivitas.
Promosi
(promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan
mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan
membujuk mereka untuk ikut sert dalam pertukaran.
Bauran promosi
(promotion mix) adalah kombinasi alat-alat promosi yang digunakan satu
organisasi.
Komunikasi
pemasaran terpadu (integrated ,marketing communication-IMC) adalah satu teknik
yang mengombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang
menyeluruh dan terpadu.
Bauran promosi
adalah ramuan khusus dari iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, dan
hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan
dan pemasarannya. Difinisi dari keempat alat promosi utama adalah sebagai
berikut:
1. Periklanan (advertising) adalah segala
bentuk pengajian dan promosi bukan pribadi mengenai gagasan, barang, atau jasa
yang dibayar oleh sponsor tertentu. Propaganda adalah komunikasi non-personal
yang tidak memiliki sponsor teridentifikasi.
Berbagai jenis
iklan yang digunakan oleh berbagai organisasi untuk menjangkau sasaran pasar
yang berbeda. Kategori-kategori utamanya antara lain:
o Iklan ritel.
o Iklan
perdagangan.
o Iklan bisnis ke
bisnis.
o Iklan
institusi.
o Iklan produk.
o Iklan advokasi.
o Iklan
komparatif.
o Iklan
interaktif.
o Iklan online.
2. Penjualan pribadi (personal selling) adalah
presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. Ini berarti mencari
prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi penjualan.
Penjualan efektif tidak sekadar membujuk orang lain untuk membeli. Kenyataanya,
saat ini, penjualan personal lebih tepat dideskripsikan sebagai membantu orang
lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya.
Langkah-langkah dalam Proses Penjulan
1. Prospek dan kualifikasi (prospect and quality).
2.
Pra-pendekatan.
3. Pendekatan.
4. Melakukan
presentasi.
5. Menjawab
keberatan.
6. Menutup
penjualan.
7. Tindak lanjut
(follow up).
3. Promosi penjualan (sales promotion) adalah
alat promoi yang menstimulasi pembelian komsumen dan minat diler melalui
aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Teknik-teknik
promosi Penjual Bisnis ke Bisnis
Pameran dagang
Portofolio untuk orang-orang bagian
Penjualan
Penawaran (pengurangan harga)
Katalog
Konvensi
Teknik-teknik
promosi Penjualan Konsumen
- Kupon
- Bonus (Beli 3, gratis 1)
- Promosi potongan harga
- Katalog
- Sampel
- Demonstrasi
- Hadiah
- Event khusus
- Undian
- Lotere
- Kontes
- In-store displays
4. Hubungan
masyarakat (humas) (public relations) didefinisikan sebagai fungsi manajemen
yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan
prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan
sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan
pengertian dan penerimaan masyarakat. Dengan kata lain, sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas
tiga langkah:
1. Mendengarkan
masyarakat.
2. Mengubah
kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur.
3.
Menginformasikan kepada masyarakat bahwa anda merespon kebuthan mereka.
Setiap kategori
terdiri dari alat-alat yang spesifik, misalnya periklanan mencakup cetakan,
penyiaran, baliho di jalan, dan berbagai bentuk lain. Penjualan pribadi
mencakup prestasi penjualan, pameran perdagangan, dan program insentif. Promosi
penjualan mencakup pameran di tempat membeli, hadiah, diskon, kupon, iklan
khusus, dan demonstrasi.
Meningkatnya
Penggunaan Informesial
Informesial
(informecial) adalah acara TV siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk
mempromosikan barang dan jasa.
Pemsangan iklan
berpindah ke internet
Promosi
interaktif (interactive promotion) adalah proses promosi yang memungkinkan para
pemasar untuk lebih sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk
pembeli untuk membeli sasuatu, menjadi melakukan dialog dimana penjual dan
pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling
menguntungkan.
Langkah-langkah
dalam Mengembangkan Komunikasi yang Efektif
Komunikasi
melibatkan Sembilan elemen, yaitu:
1. Pengirim (sender) adalah pihak yang
mengirimkan pesan kepada pihak lain, seperti McDonald’s§
2. Penyediaan (encoding) adalah proses
menuangkan pikiran menjadi bentuk simbolik. Contoh : agen periklanan McDonald’s
menyusun kata dan ilustrasi menjadikan iklan yang menyampaikan pesan yang
disampaikan.
3. Pesan (message) adalah perangkat symbol
yang dikirimkan oleh pengirim, seperti iklan McDonald’s§
4. Media (media) adalah saluran komunikasi
yang menjadi pengantar pesan agar dapat bergerak dari pengirim ke penerima,
seperti televisi dan program televise spesifik yang dipilih McDonald’s
5. Pengartian (decoding) adalah proses yang
dilakukan penerima untuk member arti dari symbol-simbol yang disandikan oleh
pengirim, seperti : seorang pelanggan memperhatikan iklan McDonald’s dan
menginterpretasikan kata-kata serta ilustrasi dalam iklan.
6. Penerima (receiver) adalah pihak yang§
menerima pesan yang dikirim pihak lain, seperti : konsumen yang memperhatikan
iklan McDonald’s.
7. Respon (response) adalah reaksi§ dari
penerima setelah menerima pesan. Terdapat ratusan kemungkinan respons, seperti
konsumen lebih menyukai McDonald’s, kemungkinan lebih besar diadakan makan McDonald’s
pada kesempatan makan makanan siap santap lainnya, atau tidak melakukan
apa-apa.
8. Umpan balik (feedback) adalah bagian dari
respons penerima yang dikomunikasi baik kepada pengirim. Hasil riset McDonald’s
menunjukkan bahwa konsumen suka dan ingat pada iklan McDonald’s atau konsumen
mengirim surat atau menelpon atau menelpon McDonald’s memuji atau melontarkan
kritik iklan atau produk McDonald’s.
9. Kebisingan (noise) adalah penyimpangan
yang§ tidak direncanakan selama proses komunikasi, yang mengakibatkan penerima
memperoleh pesan berbeda dari yang dikirimkan oleh pengirim-penerimaan TV
konsumen jelek atau diganggu anggota keluarga ketika menonton iklan
PUBLISITAS: UJUNG
TOMBAK HUBUNGAN MASYARAKAT
Publisitas
(publicity) adalah informasi apapun mengenai individu, produk, atau organisasi
yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau
dikendalikan oleh pihak penjual.
Push strategy
adalah strategi promosi oleh perusahaan dengan menggunakan iklan, penjualan
personal, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir
dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan
Pull strategy adalah strategi promosi dimana
usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada
konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel
Empat bentuk
utama dari pemasaran langsung yaitu
1. Pemasaran lewat pos dan katalog. Pemasaran
lewat pos (direct mail) adalah pemasaran langsung lewat pos meliputi pengiriman
surat, iklan, contoh, selebaran dan sarana lain kepada calon pembeli bedasarkan
daftar alamat.
Pemasaran lewat
catalog (catalog marketing) adalah pemasaran langsung lewat katalog yang
dikirimkan kepada daftar pelanggan terpilih atau disediakan dalam toko.
2. Pemasaran lewat telpon (telemarketing) adalah
menggunakan telpon untuk menjual langsung kepada konsumen.
3. Pemasaran lewat televisi (television
marketing) adalah pemasaran langsung via televisi menggunakan iklan denga
respons langsung atau saluran berbelanja dari rumah. Bentuk lain dari pemasaran
lewat televise adalah saluran belanja di rumah (home shopping channel) adalah
program televise atau daluran yang khusus untuk menjual barang dan jasa.
4. Berbelanja On-Line. Berbelanja lewat
komputer on-line (on-line computer shopping) adalah berbelanja lewat jasa
komputer on-line interaktif, system dua arah yang menghubungkan konsumen dengan
penjual secara ektronik.
Basis data
Pemasaran Langsung
Basis data
pemasaran adalah kumpulan data terorganisasi mengenai pelanggan atau calon
pelanggan individual yang dapat dipakai untuk menemukan calon pelanggan
potensial, menjual produka dan jasa, dan mempertahankan hubungan dengan
pelanggan.
Pemasaran
Langsung Terpadu
Pemasaran
langsung terpadu adalah pemasaran langsung yang menggunakan berbagai wahana dan
berbagai tahap untuk memperbaiki tingkat repons dan laba.
Komunikasi
Pemasaran Terpadu
Komunikasi
pemasaran terpadu (integrated marketing communication). dengan konsep ini,
perusahaan secara hati-hati memadukan dan mengkoordinasikan berbagai saluran
komunikasinya untuk menyampaikan pesan yang jelas, konsisten, dan saling
mendukung mengenai organisasi dan produknya.
Komunikasi
Pemasaran yang Bertanggung Jawab Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar